Senin, 21 Januari 2013

Tips Menulis Artikel di Blog


    Halo sobat blogger! Saya kembali lagi nih membawa artikel yang akan membahas mengenai 'Tips Menulis Artikel di Blog'. Menulis artikel diblog memanglah mudah, namun terkadang kita mendapat kesulitan dalam membuat artikel yang benar-benar bermanfaat, tersusun rapi, dan banyak pengunjung. Nah, kali ini saya akan memberi tipsnya untuk anda semua. Ini juga berdasarkan pengalaman saya sendiri dan sebagian lagi saya dapat dari berbagai sumber. So, tunggu apa lagi? Ayo langsung disimak!!!

1. Ide yang sesuai.

    Menurut saya memiliki ide yang sesuai adalah bagian terpenting dalam penulisan sebuah artikel. Loh kenapa? Coba deh anda pikirkan, seandainya saja anda tidak pernah memiliki ide cemerlang untuk menulis artikel yang akan anda buat. Saya yakin artikel yang anda buat akan hancur berantakan! 

2. Memahami artikel yang anda tulis.

   Point kedua ini sangatlah penting. Kenapa? Karena, jika anda membuat atau mungkin copas artikel yang sebenarnya isinya saja anda tidak pahami. Saya yakin ketika ada orang yang bertanya mengenai artikel yang anda buat itu, pasti anda tidak akan bisa menjawab pertanyaan orang tersebut! Saran saya, lebih baik anda pahami dulu artikel yang akan anda buat.

3. Memilih judul artikel yang sesuai.

    Point yang ketiga ini juga tidak kalah penting loh! Kenapa penting? Coba anda bayangkan betapa konyolnya jika anda membuat judul artikel yang berbeda dengan isi artikel! Misalnya : Judul artikel tersebut adalah "Cara mempercepat kinerja windows7" , akan tetapi isi artikel tersebut berisi tentang "Cara memasang widget share pada blog". Haha . . . Sangat tidak nyambung! Yang ada, anda akan ditertawakan oleh pengunjung.

4. Lakukan pengeditan.

     Perlu diingat, bahwa bukan hanya penulisan dalam buku, komik, novel, dll saja yang perlu diedit. Artikel diblog juga harus dilakukan penyuntingan agar terlihat lebih rapi. Mulailah dengan meringkas beberapa kata yang terkesan 'Boros Kata' maupun 'Berbelit-belit'. Walaupun jujur sebenarnya saya sendiri belum menguasai cara penulisan yang baik dan benar. Maklum terkadang bahasa sms sering terbawa! Hehe :D

5. Kalimat pembuka yang menarik.

     Tidak jarang ketika kita masuk kedalam beranda sebuah blog, kita akan menemukan beberapa cuplikan saja dari sebuah artikel. Oleh karena itu, usahakan agar anda membuat kalimat pembuka yang menarik. Hal ini dapat membuat pengunjung penasaran akan kelanjutan artikel tersebut.

6. Baca kembali sebelum diterbitkan.

     Point ini juga tidak kalah penting loh. Oleh karena itu, usahakan baca kembali sebelum artikel yang anda buat diterbitkan. Point ini berguna untuk menghindari kesalahan dalam penulisan. Contoh kesalahan : Anda menulis kalimat "Menbuat artikal banyk pngunjungg" , padahal seharusnya anda menulis kalimat "Membuat artikel banyak pengunjung".

7. Berlatihlah.

  Ingat!!! Menulis artikel itu tidak hanya asal ketik semau anda. Tapi coba anda perhatikan kenyamanan para pengunjung yang akan membaca. Tentu senang bukan, kalau pengunjung betah diblog kita??? Oleh karena itu berlatihlah agar penulisan anda enak dilihat dan rapi. 

   Oke, demikian pembahasan kali ini. Mohon maaf apabila ada salah penulisan kata! Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca :) Keep writing & salam blogger ^^ Hihi . .


Sumber : 




Ditulis Oleh : Dyan // 1/21/2013 12:11:00 AM
Kategori:

2 Komentar:

  1. Assalamu'alaikum mbak, kalau saya si dalam menulis blog banyak terinspirasi dari Al Qur'an. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Bagus itu, tetap menulis ya! Siapa tau bisa menjadi seorang blogger hebat :)

      Hapus

WARNING!!!
- Diharapkan memberi nama saat berkomentar!
- Pergunakan bahasa yang sopan untuk berkomentar.
- Jika ada yang berkomentar tidak sopan, maka admin berhak menghapus komentar tersebut.
- Jika kalian mau copas dari sini, sertakan nama blog ini sebagai sumbernya.
- Jika ada link mati, mohon diberitahukan melalui komentar.
- Author juga tinggal di dunia nyata dan tidak akan selalu online, jika komentar kalian tidak dibalas mohon dimaklumi ^^

 

Statistik

Statistik

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Berlangganan Melalui

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner