Kamis, 17 Januari 2013

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

     Hallo sobat blogger! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai 'Cara Mempercepat Kinerja Windows 7'. Ya, sekalian ngerjain tugas sekolah gitu deh. Hehe :D Oke, tanpa banyak basa-basi langsung aja yuk disimak artikelnya ! :)

       Cara mempercepat kinerja windows 7 sangatlah diperlukan bagi anda semua, terutama bagi anda yang memang pengguna OS Windows 7 ini. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mendapatkan performa yang benar-benar optimal dalam mengakses setiap aplikasi, program maupun directory baik itu di PC maupun Laptop.


       Betapa pentingnya performa windows yang kita gunakan, namun terkadang hal ini diabaikan begitu saja. Minimnya pengetahuan cara meningkatkan kinerja windows yang digunakan, dapat membuat seseorang menjadi malas untuk mengotak-atik komputer maupun laptop miliknya. Sampai-sampai menjadi emosi melihat komputer maupun laptop yang memiliki akses sangat lambat, apalagi ketika sedang membuka aplikasi yang berukuran besar. Oleh karena itu, saya akan memberikan tips ini untuk anda semua. Berikut langkah-langkahnya!

1. Spesifikasi komputer atau laptop.

     Hal paling utama yang harus diperhatikan adalah spesifikasi komputer maupun laptop yang digunakan. Windows 7 memiliki kecepatan dan interface yang lebih baik dari pendahulunya, sehingga untuk memenuhi kinerja yang optimal diperlukan spesifikasi minimal, yaitu :

Processor : 1 GHz
RAM : 1 GB
Harddisk : 16 GB


2. Uninstall program yang tidak penting.

      Hapuslah program yang anda rasa tidak penting, sangat jarang, atau bahkan tidak pernah anda gunakan, karena program tersebut hanya akan menambah kapasitas resource harddisk maupun RAM.

Cara Uninstall :
Klik Start > Control Panel > Programs and Features > Lalu pilih program yang akan di Uninstall.



3. Periksa virus dengan anti virus.

      Banyaknya virus yang ada dalam komputer atau laptop juga sangat berpengaruh pada kinerja windows7. Biasanya virus menyerang dan memenuhi memori sehingga memperlambat kinerja komputer / laptop. Oleh karena itu lakukanlah scanning dengan menggunakan anti virus minimal seminggu sekali.


4. Defragment Hardisk.

    Hal ini berfungsi untuk memperbaiki harddisk. Fragmentasi harddisk ini terjadi ketika sering dilakukan instal atau uninstall program, sehingga dapat menurunkan kinerja komputer atau laptop anda.

Lakukan defragment harddisk dengan cara :
Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter > Lalu lakukan defragmenter ke semua direktori.


5. Nonaktifkan services yang tidak diperlukan.

    Hal ini dapat mempercepat proses booting komputer maupun laptop anda.

Caranya :
Start > Ketik Services pada kotak search > Enter > Klik kanan pada services yang ingin dinonaktifkan > Properties > Disable atau Stop > Klik OK > Restart

6. Nonaktifkan system index search.

     Proses Index oleh Windows 7 bekerja setiap waktu dan memakai sejumlah memori. Terlebih lagi, proses ini membutuhkan space tersendiri di harddisk untuk menyimpan file yang terindeks. Semakin banyak file di dalam komputer maka semakin banyak pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Maka nonaktifkan proses index agar performa Windows 7 agan menjadi lebih baik.

Caranya :
Klik Start > Pada kotak search ketik Services.msc > Lalu tekan enter > Cari 'Windows Search' > Pilih Stop atau Disable.



7. Backup font yang tidak digunakan.

     Font/Huruf yang terinstall di PC atau Laptop umumnya mencapai angka ribuan. Pertanyaannya, berapa persen sih yang sering digunakan? Kecuali anda sering bermain di aplikasi design grafis, tapi jika tidak maka tentu font-font ini sangat jarang tersentuh. Semua font tersebut akan ter-load oleh Windows 7. Pindahkan/Backup font-font tersebut (yang tidak terpakai).

Caranya :
Start > Control Panel > Klik 'Appearance and Personalization' > Pilih Fonts > Buat folder baru untuk backup font yang tidak terpakai, pindahkan font yang tidak terpakai pada folder backup.




        Hmm . . . Saya rasa hanya ini saja informasinya, karena ini sudah pagi dan saya harus tidur. Oke, kurang lebihnya saya mohon maaf. Apabila ada yang kurang mengerti silahkan komentar :)


Sumber : Kaplik.com , Coretan Puena




1 Komentar:

  1. Terimakasih tutorialnya sangat bermanfaat :)

    Penerimaan CPNS

    BalasHapus

WARNING!!!
- Diharapkan memberi nama saat berkomentar!
- Pergunakan bahasa yang sopan untuk berkomentar.
- Jika ada yang berkomentar tidak sopan, maka admin berhak menghapus komentar tersebut.
- Jika kalian mau copas dari sini, sertakan nama blog ini sebagai sumbernya.
- Jika ada link mati, mohon diberitahukan melalui komentar.
- Author juga tinggal di dunia nyata dan tidak akan selalu online, jika komentar kalian tidak dibalas mohon dimaklumi ^^

 

Statistik

Statistik

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Berlangganan Melalui

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner