Minggu, 23 September 2012

Mengenal IP Address

      Holla Hallo! Dyan back again here :D Pasti pada kangen ya sama saya? *Plakk *Abaikan. Eh, eh, pada postingan kali ini saya mau membahas sedikit mengenai IP Address. Ada yang mau? Yuk... langsung aja disimak!!!

Pengertian IP Address & Fungsinya

     IP Address (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan internet berbasis TCP/IP.

       IP Address memiliki dua fungsi. Fungsi pertama, sebagai alat identifikasi host atau antarmuka jaringan. Fungsi kedua, sebagai alamat lokasi jaringan. Fungsi tersebut diilustrasikan sebagai "Sebuah nama untuk mengetahui siapa dia, Sebuah alamat untuk mengetahui dimana dia, dan Sebuah rute agar bisa sampai ke alamat tersebut". 

     Para pembuat sistem IP address menggunakan bilangan 32-bit. Sistem ini dikenal sebagai Internet Protocol Version 4 (IPv4). Tingginya tingkat pertumbuhan dan kapasitas jaringan internet menyebabkan dibutuhkannya sistem alamat yang mampu mengidentifikasi lebih banyak anggota jaringan, sistem pengalamatan yang baru diperkenalkan pada tahun 1995. Sistem tersebut dikenal sebagai IPv6. 

Bagaimana cara melihat IP address di Windows 7 ?

      Mungkin ada beberapa kawan-kawan yang belum tau tentang cara melihat IP address. Untuk itu saya akan memberi tau cara untuk melihat IP address di OS Windows 7. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat IP address di Windows 7 : ~SumberKlikDisini~
  • Pastikan komputer / laptop sudah terkoneksi dengan internet.
  • Pertama klik icon monitor seperti pada gambar dibawah 
  • Lalu klik "Open Network and Sharing Center"
  • Maka akan muncul seperti gambar di bawah. Kemudian klik yang dilingkari warna ungu 
  • Lalu klik tombol Details
  • Nah alamat IP / IP address yang dilingkari ungu itu :)
Selesai . . . Hehe :D Gimana mudah kan? 



       Oke , pembahasan mengenai IP address cukup sampai disini :D Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca :) Tunggu artikel berikutnya di Dyan's Blog ya!!!

See you next time . . .



Ditulis Oleh : Dyan Rosdiana // 9/23/2012 05:06:00 PM
Kategori:

2 Komentar:

WARNING!!!
- Diharapkan memberi nama saat berkomentar!
- Pergunakan bahasa yang sopan untuk berkomentar.
- Jika ada yang berkomentar tidak sopan, maka admin berhak menghapus komentar tersebut.
- Jika kalian mau copas dari sini, sertakan nama blog ini sebagai sumbernya.
- Jika ada link mati, mohon diberitahukan melalui komentar.
- Author juga tinggal di dunia nyata dan tidak akan selalu online, jika komentar kalian tidak dibalas mohon dimaklumi ^^

 

Statistik

Statistik

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Berlangganan Melalui

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner