Sabtu, 22 September 2012

Apa itu DNS ?

         Malem sahabat-sahabatku! :D Sekarang saya mau membahas sedikit mengenai DNS nih. Ya sekalian ngerjain tugas sekolah gitu deh. Oke kalo kamu mau tau tentang DNS, mari disimak artikel ini! Semoga bermanfaat buat kalian semua :)

Apa itu DNS?

    Menurut wikipedia, DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host atau nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) didalam jaringan komputer, misalnya : internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host danmendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet. 
        DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain. Contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:10:3:140::83 (IPv6).

Sejarah Singkat DNS

        Penggunaan nama sebagai pengabstraksi alamat mesin disebuah jaringan komputer yang lebih dikenal oleh manusia mengalahkan TCP/IP, dan kembali ke zaman ARPAnet. Dahulu, seluruh komputer di jaringan komputer menggunakan file HOSTS.TXT dari SRI (Sekarang SIR International), yang memetakan sebuah alamat kesebuah nama (secara teknis, file ini masih ada - sebagian besar sistem operasi modern menggunakannya dengan baik secara baku maupun melalui cara konfigurasi, dapat melihat Hosts file untuk menyamakan sebuah nama host menjadi sebuah alamat IP sebelum melakukan pencarian via DNS). Namun, sistem tersebut di atas mewarisi beberapa keterbatasan yang mencolok dari sisi prasyarat, setiap saat sebuah alamat komputer berubah, setiap sistem yang berhubungan dengan komputer tersebut harus melakukan update terhadap file Hosts.

         Dengan berkembangnya jaringan komputer, membutuhkan sistem yang bisa dikembangkan : sebuah sistem yang bisa mengganti alamat host hanya di satu tempat, host lain akan mempelajari perubahan tersebut secara dinamis. Paul Mockapetris menemukan DNS di tahun 1983; spesifikasi asli muncul di RFC 882 dan 883. Tahun 1987, penerbitan RFC 1034 dan RFC 1035 membuat update terhadap spesifikasi DNS. Hal ini membuat RFC 882 dan RFC 883 tidak berlaku lagi. Beberapa RFC terkini telah memproposikan beberapa tambahan dari protokol inti DNS.

Apa fungsi DNS?

    Fungsi DNS adalah menerjemahkan domain web ke dalam deretan angka IP address (memetakan).

Apa saja kelebihan DNS?

         Inilah kelebihan dari DNS yang saya ambil dari blog seseorang 
  1. Mudah : DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name.
  2. Konsisten : IP address sebuah komputer bisa berubah, tetapi host name tidak akan berubah.
  3. Unlimited database size : Dibanding Hosts file, DNS dapat menampung jauh lebih banyak database alamat IP yang tentunya didistribusika kepada beberapa organisasi yang berwenang dalam penanganan alamat tersebut.
  4. Simpe : User hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari buku di internet maupun di intranet.
Cara mengganti DNS server pada Win7 :

  • Pertama masuk ke control panel. 
  • Lalu klik "Network and Sharing Center"
  • Lanjutkan dengan klik "Change adapter settings"
  • Pilih jenis koneksi yang anda gunakan. Misalnya anda memakai Wi-Fi maka akan tertulis "Wireless Network Connection"
  • Klik kanan pada media koneksi yang anda gunakan, kemudian pilih properties
  • Pilih "Networking" , kemudian pilih "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)"
  • Lalu isi pada kotak "Use the following DNS server addresses" (Untuk mengisinya dengan DNS dari google seperti gambar dibawah)
  • Tekan tombol "OK" untuk menyimpan pengaturan


        Oke . . . Segitu aja ya bahasan mengenai DNS nya :) Tunggu artikel menarik lainnya di Dyan's Blog ya! See You Next Time . . . :D


Ditulis Oleh : Dyan Rosdiana // 9/22/2012 10:10:00 PM
Kategori:

1 Komentar:

  1. ka saya mau tanya. kan di dalan konfigursi DNS itu kita suka ngedit file /etc/bind/named.conf.local nah maksudnya untuk apa ya??

    BalasHapus

WARNING!!!
- Diharapkan memberi nama saat berkomentar!
- Pergunakan bahasa yang sopan untuk berkomentar.
- Jika ada yang berkomentar tidak sopan, maka admin berhak menghapus komentar tersebut.
- Jika kalian mau copas dari sini, sertakan nama blog ini sebagai sumbernya.
- Jika ada link mati, mohon diberitahukan melalui komentar.
- Author juga tinggal di dunia nyata dan tidak akan selalu online, jika komentar kalian tidak dibalas mohon dimaklumi ^^

 

Statistik

Statistik

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Berlangganan Melalui

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner