Jumat, 15 Juni 2012

Struktur Komputer


Dyan Rosdiana
&
Sri Devi




X.TKJ.3

INPUT DEVICE (Alat Masukan) :
         
            Adalah perangkat keras computer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.


INPUT DEVICE :

  • Mouse
  • Keyboard
  • Joystick
  • Trackball
  • Scanner
  • Joystick
  • Camera

“SCANNER”

        Adalah suatu alat elektronik yang fungsinya hampir mirip dengan mesin fotocopy. Perbedaannya dapat kita lihat. Kalau mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat dengan kertas, sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah & dimodifikasi sehingga tampilan & hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen & gambar. 
                  Scanner memiliki beberapa macam jenis, seperti :


1. Flatbed Scanner



             Scanner jenis ini merupakan scanner yang umum digunakan oleh orang. Scanner ini mempunyai bentuk panjang & sedikit tebal. Scanner ini terdapat sebuah kaca tembus pandang yang digunakan scanner untuk menscan. Scanner ini biasanya digunakan untuk menscan gambar, kertas, atau dokumen lainnya. Meskipun demikian, scanner ini juga bisa digunakan untuk menscan benda seperti patung kecil. Namun scanner jenis ini tidak mampu untuk menscan objek 3D.

2. Automatic Document Feeder


             Jenis scanner yang satu ini merupakan scanner yang bentuknya mirip dengan printer. Scanner ini biasanya terdapat juga pada printer all in one, mesin fax, & mesin fotocopy. Scanner ini menscan dokumen layaknya sebuah printer. Di mana kertas yang ingin di scan bisa diletakkan semuanya ke baki penampung kertas & scanner tersebut otomatis akan menscan kertas satu persatu.

3. Scanner Drum


                Scanner ini mempunyai cara menscan dengan memutarkan kertas / foto yang telah dimasukkan ke dalam drum scanner tersebut. Scanner ini memproduksi hasil scan yang sangat bagus & cocok untuk menscan foto.


"KEYBOARD"


           Adalah suatu perangkat keras komputer (Hardware) yang tergolong ke dalam Input Device (Alat Masukan). Keyboard berfungsi untuk mengetik suatu teks ataupun angka. Sama seperti mouse, scanner, dll. Keyboard juga mengalami beberapa perkembangan. Berikut ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai jenis-jenis keyboard :

1. Keyboard Qwerty


               Sejarah pembuatan Keyboard Qwerty bermula pada saat pembuatan mesin ketik yang pertama kali ditemukan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Pada awal pembuatannya Christopher memakai susunan huruf ABCDE. Susunan yang teratur dapat membuat kita mengetik dengan mudah & cepat. Karena terlalu cepat, timbulah masalah pada keyboard. Seringkali pada saat tombol ditekan, batang-batang huruf yang menghentak pita mengalami kegagalan mekanik.

              Karena bingung memikirkan solusinya, akhirnya Christopher justru mengacak-acak urutan itu sampai sedemikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk mengetik. Pada tahun 1973 keyboard ini diresmikan sebagai keyboard ISO (International Standar Organization). 

2. KEYBOARD DVORAK



           Keyboard Dvorak ditemukan oleh Dr. August Dvorak pada tahun 1940. Secara penelitian pada saat itu, susunan keyboard ini memungkinkan kita untuk mengetik lebih efisien. Tetapi, karena kemunculannya terlambat akhirnya keyboard ini harus tunduk karena dominasi Keyboard Qwerty sudah mendunia pada saat itu.  Satu-satunya pengakuan datang dari ANSI (American Standar Institute) yang menyetujui susunan Keyboard Dvorak sebagai versi alternatif sekitar tahun 1970.

3. KEYBOARD KLOCKENBERG




           Keyboard ini dibuat dengan maksud untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada sebelumnya, yaitu dengan memisahkan kedua bagian (Bagian kiri & kanan). Keyboard jenis ini memang memiliki bentuk yang sangat unik. Keyboard ini dapat mengurangi beban pada lengan & jari sehingga nyeri otot pada bahu & pergelangan dapat terhindarkan.


4. KEYBOARD MALTRON




             Keyboard Maltron dibuat dengan bentuk yang agak cekung kedalam. Dengan bentuk ini, maka keyboardnya lah yang akan menyesuaikan dengan tangan kita. Dengan bentuk yang unik ini, Keyboard Maltron dapat menjamin kenyamanan jari pada saat kita mengetik.


5. KEYBOARD ALPHABETIK




                Keyboard Alphabetik memiliki rancangan yang mirip dengan Keyboard Qwerty & Dvorak. Perbedaannya terletak pada susunan huruf keyboard ini. Keyboard ini memiliki susunan huruf yang disusun secara alphabet. Keyboard ini tidak dapat menyaingi popularitas tata letak Keyboard Qwerty. Dari hasil pengujian, ternyata susunan keyboard yang berurutan seperti ini justru dapat memperlambat kecepatan kita pada saat mengetik.




Sumber : Diolah dari berbagai sumber :)









Ditulis Oleh : Dyan Rosdiana // 6/15/2012 06:41:00 PM
Kategori:

0 Komentar:

Poskan Komentar

WARNING!!!
- Diharapkan memberi nama saat berkomentar!
- Pergunakan bahasa yang sopan untuk berkomentar.
- Jika ada yang berkomentar tidak sopan, maka admin berhak menghapus komentar tersebut.
- Jika kalian mau copas dari sini, sertakan nama blog ini sebagai sumbernya.
- Jika ada link mati, mohon diberitahukan melalui komentar.
- Author juga tinggal di dunia nyata dan tidak akan selalu online, jika komentar kalian tidak dibalas mohon dimaklumi ^^

 

Statistik

Statistik

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Berlangganan Melalui

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner