Senin, 04 Juni 2012

Malam Ini di Jakarta, Gempa Bumi dan Gerhana Bulan

Jakarta - Ada 2 fenomena alam yang bisa dirasakan oleh warga Ibukota malam ini. Pertama adalah gempa bumi yang mengejutkan sebagian penduduk Jakarta dan sekitarnya, lalu fenomena gerhana bulan.

Informasi dari BMKG yang diterima detikcom, Senin (4/6/2012), gempa yang terjadi pukul 18.18 WIB ini bersumber di Sukabumi dengan kekuatan 6,1 SR. Pergeseran tektonik ini getarannya menjalar ke beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor.

Di Jakarta mayoritas warga yang merasaan getaran sedang berada di gedung tinggi atau duduk di lantai. Getaran terasa kurang lebih selama beberapa menit.

"Goncangan terasa banget di atas, sekitar dua menitan," kata seorang pegawai KPK yang bertugas di lantai 8 gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

Satu lagi fenomena alam yang bisa disaksikan warga Jakarta malam ini adalah gerhana bulan. Gerhana bulan ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia, walaupun hanya bisa dilihat secara sempurna di wilayah Timur Indonesia.

"Pada prinsipnya bisa dilihat di seluruh Indonesia, namun di Indonesia timur seluruh proses gerhana ini terlihat seluruhnya," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lapan, Thomas Djamaluddin, dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (3/6/2012).

Djamaluddin mengatakan gerhana bulan sebagian ini terjadi pada pukul 17.00 WIB hingga 19.06 WIB. Akibatnya untuk Indonesia bagian barat, proses gerhana sudah terjadi saat bulan belum terbit. 

Tetapi sepertinya warga Jakarta pada sore hingga malam ini tidak bisa menyaksikan gerhana bulan dengan baik secara kasat mata. Pantauan detikcom, langit di atas Jakarta mendung dan berawan sehingga menghalangi pandangan mata.




Sumber : detikNews





Ditulis Oleh : Dyan // 6/04/2012 08:21:00 PM
Kategori:

1 Komentar:

WARNING!!!
- Diharapkan memberi nama saat berkomentar!
- Pergunakan bahasa yang sopan untuk berkomentar.
- Jika ada yang berkomentar tidak sopan, maka admin berhak menghapus komentar tersebut.
- Jika kalian mau copas dari sini, sertakan nama blog ini sebagai sumbernya.
- Jika ada link mati, mohon diberitahukan melalui komentar.
- Author juga tinggal di dunia nyata dan tidak akan selalu online, jika komentar kalian tidak dibalas mohon dimaklumi ^^

 

Statistik

Statistik

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Berlangganan Melalui

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner